Sabtu, 10 November 2012

Profil HMJ Ushuluddin 2012


PROFIL HMJ USHULUDDIN[i]
Dan hendaklah supaya ada dari kalian suatu umat yang mengajak kebaikan dan menyeru amar ma’ruf nahi mukar agar dapat menasehati orang-orang apabila telah kembali kepadanya ( dari medan perang)”
Setiap bidang, termasuk juga bidang keilmuan islam tidak boleh ada yang kosong. kekosongan satu bidang dapat menyebabkan mundurnya Islam, pengkaderan dalam tiap-tiap bidang tersebut harus terus berlanjut sampai kapanpun. Bidang pendidikan sudah terisi oleh tarbiyah, bidang hukum oleh syariah. Pemikir, ya itulah yang tepat bagi Ushuluddin. Memikirkan dalam hal kemaslahatan umat, apa saja yang bisa berdampak baik dan buruk bagi umat seiring dengan perkembangan zaman.
Dalam menjalakan tugas yang tidak ringan tentu saja ada resiko, tantangan dan kesukaran. pemahaman keagamaan yang masih membutuhkan peningkatan skill dan pola pikir yang belum mencukupi. Berusaha manifestasikan taawanu alal birry wa at taqwa, komunitas ini dimaksudkan dapat berfungsi sebagai media sharing pengalaman, sharing keilmuan, dan berbagi kelebihan diri kepada mereka yang membutuhkan, juga sebagai tambal sulam kekurangan dan kelebihan anggotanya.
Himpunan Mahasiswa Jurusan Ushuluddin yang lebih dikenal dengan HMJ Ushuluddin adalah lembaga kemahasiswaa tertinggi ditingkat Jurusan Ushuluddin. Lembaga ini secara struktural membawahi dua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yaitu Tafsir-Hadis dan Akhlaq-Tasawuf. Namun pada periode ini kedua HMPS belum terbentuk karena masih minimnya jumlah anggota Mahasiswa Ushuluddin.
HMJ Ushuluddin STAIN Pekalongan adalah Himpunan komunitas mahasiswa jurusan Ushuluddin STAIN Pekalongan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri agar tanggap dengan permasalahan dan tuntutan masa, kreatif, maju dalam berfikir dan selalu mengembangkan keilmuan-keilmuan agar tercapai kemajuan islam. HMJ Ushuluddin dibuat agar mahasiswa jurusan Ushuluddin lebih mudah dalam mengaspirasikan gagasan ide dan sebagai tempat sharing antar individu terutama dalam memecahkan persoalan-persoalan baik pribadi maupun masyarakat.
Bagi STAIN, HMJ Ushuluddin ini diharapkan dapat mendukung proses belajar mengajar mahasiswa Ushuluddin pada khususnya dan seluruh mahasiswa pada umumnya. Terutama dalam bidang keilmuan islam murni ( diluar hukum dan pendidikan).
Jurusan Ushuluddin maupun HMJ Ushuluddin masih terbilang baru, karena Jurusan Ushuluddin baru dibuka pada tahun 2009. Dan HMJ Ushuluddin sendiri dibentuk pada tahun 2011 yang pada periode awal dulu diketuai oleh ZAINI MUSYAFA’ (TH (09) Capgawen, Kedungwuni, Pekalongan)
Pada Tahun 2012 ini atau periode kedua , HMJ Ushuluddin diketuai oleh ZAINUL KHIKAM (TH (10) Krompeng, Talun Pekalongan). Sesuai dengan perjalanannya, HMJ Ushuluddin pun masih sebagai sebuah organisasi yang baru lahir dan belum tahu apa-apa. Sama seperti bayi yang baru lahir didunia ini. Namun sepanjang perjalanan, para aktifis Ushuluddin berusaha untuk segera menyelaraskan dengan organisasi lain baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Seperti HMJ yang lain Ushuluddin juga punya beberapa program kerja tentu saja dengan format dan tujuan yang berbeda, kebanyakan formatnya menyacu pada discus2 keilmiahan karena itulah ranahnya. Pada Dep. Keilmuan : diskusi rutin ilmiah yang dilakukan dua minggu sekali. Di Dep. Humas Dan Advokasi : membentuk Forum Mahasiswa Ushuluddin se indonesia, sekarang masih dirintis oleh sekolah tinggi di jawa seperti UIN SUKA Jogja, IAIN Walisongo Semarang, STAIN pekalongan, STAIN Ponorgo, STAIN Kudus, dan lainnya. Di Dep. Penelitian dan pengembangan : pelatihan terjemah arab, pelatihan aplikasi dan website kitab-kitab klasik. Di Dep. Sumber Daya Insani : lomba baca kitab dan hadroh, pelatihan terjemah arab, pelatihan aplikasi dan website kitab-kitab klasik.
VISI DAN MISI
VISI
Ø  Mewujudkan Mahasiswa Ushuluddin yang kretif, komunikatif dengan bercirikan Intelektualitas dan religiustik
M I S I
Ø  Menciptakan Hmj Ushuluddin sebagai wadah kratifitas mahasiswa.
Ø  Menjadikan Mahasiswa Ushuluddin yang mampu mengembangkan ilmu-ilmu keislaman.
Ø  Mewujudkan mahasiswa ushuluddin yang mengembangkan ilmu serta mampu menjawab persoalan di masyarakat dengan bercirikan nilai-nilai islami.
ARAH DAN TUJUAN HMJ
Adapun tujuan HMJ masa bakti 2012 ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengembangkan ilmu keislaman yang berlandaskan aqidah islamiyah
2.      Pengembangan ilmu secara intelektualitas
3.      Sebagai tempat diskusi keilmuan dan sharing pemecahan masalah.
4.      Sebagai wadah mahasiswa yang mengusahakan terpecahnya suatu masalah yang terjadi dalam masyarakat.
Susunan Pengurus HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN (HMJ) Ushuluddin STAIN Pekalongan
 2021-2013
Ketua                                                          : Zainul Khikam
Wakil                                                : Abdul Hamid
Sekretaris                                          : Afiyatul Azkia
Bendahara                                                  : Mifrokhatul Laela Khasanah

Dept.Keilmuan                                 : 1. Naelil Marom [koord]
                                                           2. Khaerul Abidin [anggt]
                                                           3. M. Shodiq

Dept.Sumber Daya insani                 :1. Irfan Fathoni [koord]
                                                          2. Damsiki [anggt]
                    3. Nur Fatta

Dept.Penelitian dan Pengembangan  : 1. Muh. Mukhson [koord]
                                                             2. M.Imam [anggt]
                                                             3. Etik Sofiani

Dept.Humas dan Advokasi                : 1. Tri Wibowo [koord]
                                                            2. Robiatul Adawiyah
                                                            3. Ismawan
 We hope your attention


Office : Graha Mahasiswa STAIN Pekalongan Jl. Kusuma Bangsa No. 09 Panjang Pekalongan Utara Cp. 08584201082 (Zainul Khikam) 085741191212 (Afiyatul Azkia)


Tidak ada komentar: